Senin, 29 Desember 2008

gelang anti statis

Membuat Sendiri Gelang Anti Statis
Saat merakit komputer, kita pasti berhubungan dengan pasang - memasang berbagai komponen komputer. Beberapa diantaranya sangat sensitif dengan listrik statis, misalnya processor. Processor dapat menjadi cepat rusak bila terkena muatan listrik statis. Di dalam tubuh kita terdapat muatan listrik statis yang harus kita netralkan bila kita sedang merkit komputer. Salah satu alat yang bisa membantu menetralkan muatan tersebut adalah gelang anti statis. Di pasaran gelang ini berharga mencapai ratusan ribu rupiah, tapi kita bisa membuat sendiri gelang tersebut dengan prinsip menetralkan muatan dengan ground (tanah). Di sini saya akan membagi pengalaman cara membuat gelang anti statis tersebut.

Bahan yang diperlukan :
1). Kabel scerm 1, 5m .
2). Jepit mulut buaya 1 buah.
3). Skun kabel dengan ujung berbentuk bulat 1 buah .
4). Elastis 20 cm.
5). Kancing tek logam 1 buah.
6). Selongsong skun 1 buah.
7). Pengait tas 1 buah.

Alat yang diperlukan :
1). Solder dan tenol secukupnya.
2). Tang.
3). Gunting.
4). Paku dan penitik.

Cara membuat :

1. Kupas kedua ujung kabel dengan gunting.

2. Letakkan salah satu ujung kabel pada skun , jepitkan kedua siripnya (bersudut lancip) dengan tang agar kabel tidak lepas dari skun. Solder kabel dengan skun agar lebih kuat. Masukan selong song skun pada kabel dengan posisi menghadap ke ujung skun.

3. Buka selongsong jepit mulut buaya dan masukkan pada kabel dengan posisi menghadap ke ujung kabel yang akan dipasang jepit mulut buaya. Letakkan ujung kabel dengan kaki jepit mulut buaya, jepit kabel dengan sirip jepit mulut buaya menggunakan tang. Solder sambungan tersebut.

4. Lubangi bagian tengah elastis. Saya sarankan menggunakan solder karena tidak akan merusak struktur elastis tersebut.

5. Ambil kancing tek bagian depan (permukaan yang rata dan pasangannya berupa cekungan yang besar) . Letakkan ujung yang menonjol kancing tek permukaan rata di tengah lubang elastis dan pasangkan dengan pasangannya di permukaan lain, pecahkan ujung tersebut dengan palu dan penitik.

6. Ambil kancing tek bagian belakang. Pada bagian kancing tek yang menonjol pasangkan dengan ujung skun dan tumpuklah dengan pasngankancing tek tersebut, lalu pecahkan ujung yang menonjoltersebut dengan palu dan penitik.

7. Jahitlah salah satu ujung elastis dengan pengait tas yang berfungsi sebagai penguncigelang dengan tangan. Lalu pasngkan selongsong dengan skun aatupun jepit mulut buaya.

8. Gelang siap digunakan dengan cara memasangkan elastis dengan kabel dan memakaikannya ke tangan.

Demikian sekilas membuat sendiri gelang anti statis.Saya ucapkan terimakasih atas perhatian parapembaca. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

1 komentar: